TV_POLYTRON-dengan kerusakannya

"RMRrepair"Setelah pekerjaan selesai didaerah ranggah tadi saya langsung meluncur kedaerah Bukir tepatnya dirumah bapak Hendri kepala desa Bukir setelah sampai dirumah bapak tersebut
Saya langsung coba mengecek kerusakan televisi milik bapak tersebut eah ternyata merk dari televisinya adalah Polytron Minimax dengan kebiasaan yang sering terjadi pada televisi ini dengan gejala televisi tidak mau start alias standby yaitu kerusakan yang sering dialami oleh televisi ini dimana penyebabnya elco yang terdapat pada bagian supply untuk driver horisontal yaitu tegangan 50 voltnya dengan nilai 10uf/63volt, ini gejala alami yang sering terjadi pada televisi ini, padahal di pcb kalau dilihat gambar dari elco tersebut bentuknyan lebih besar.
Langsung elco tersebut saya ganti dengan nilai yang agak besar yaitu 47uf/100v atau 100uf/100v setelah elco tersebut diganti televisi langsung bisa hidup kembali padahal televisi ini mulai mengalami gejala ini pada hari minggu kata yang empunya tv, bisa nonton tv lagi nich kata Bu MUJI istri dari bapak Lurah tersebut.
Sekian dulu pengalaman untuk hari ini lain waktu saya sambung lagi.

2 komentar:

  1. salam kenal, sy punya tv polytron pn14123mg standby lednya kedap kedip, setelah sy bongkar ternyata vertikalnya pecah,kmdian sy ganti vertikalnya tpi masih standbay, sy coba ganti elko tegangan 50vnya dng yg lbih besar 100uf/63v, sy coba hidupin lgi lednya tdk berkedip lgi, pas mau star elkonya 100uf/63vnya meledak, kira2 apanya lgi yg bermasalah mohon solusinya, trims.

    BalasHapus
  2. @anonim cek tegangan 5o voltnya apakah normal sekitar 40v-50lt kalo normal mungkin pemasangan elko tersebut kebalik cek lagi semoga membantu..

    BalasHapus