Menangani-kerusakan-tv

"RMRrepair"Pada hari rabu sekitar pukul 10.00 wib saya dapat panggilan kedaerah ranggeh tepatnya di perum perhutani "PONDOK CANDRA" untuk memperbaiki 2 televisi.
-Pertama televisi Panasonic alfa gold dengan kerusakan layar menyempit pada bagian vertical.
-Dan yang kedua televisi LG Flatron dengankerusakan lampu indikator nyala lalu mati.
Langsung saya tangani televisi Panasonic dulu karena saya kira kerusakannya lebih gampang.
Saya ganti aja elco yang terletak pada bagian vertikal terutama elco dengan nilai 470uf/50v un-
tuk supply tegangan 24 voltnya dan elco yang kecil cuma saya ganti 3biji kemudian saya tes televisi ini, ternyata tv bekerja normal yang tadinya gambar menyempit sekarang tidak lagi, selesai sudah pekerjaan satu.
Kemudian langsung saya bongkar TV LG dan dilakukan pengukuran, ternyata tegangan B+ pada kondisi standby normal ketika saya tombol Tegangan langsung drop untuk memastiakan penyebab tegangan drop tersebut saya cek kapaitor pada bagian horisontal ternyata tidak ada yang short atau hubungan singkat perkiraan saya yang menyebabkan tegangan drop tersebut tidak ada lagi yaitu flyback, televisi ini memakai IC prossesor dengan no LG631 9R dan IC crhomanya STV 8236 dan IC epromnya 24c16A dengan no flyback 6174V-6006V saya ganti dengan flyback 6174Z-6040CVI ternyata sama setelah proses pemasangan selesai televisi dites, steker saya masukkan ke stopkontak kemudian tombol on/off saya tekan ceees tv nyala dengan normal maksudnya antara vertikal dan horisontal tidak ada perubahan alias paaaas.
Ketika cover saya tutup ada bunyi telpon ternyata ada pasien lagi yaitu diwilayah Bukir setelah proses menutup dan menerima bayaran langsung saya meluncur kedaerah BUKIR, sekian dulu nanti tak sambung lagi mengenai problem televisi yang ada di Bukir.

1 komentar:

  1. Mas parman tolong saya di kasih no Hp atau Alamat rumah soalnya saya punya tv rusak biar tak bawa kesana ... kirimkan ke email saya aja Questbird@yahoo.com saya tunggu ...

    BalasHapus