Polyttron flat 14"

Tadi siang tepatny pukul 09.00wib dapat panggilan service tv didesa ngegot ditempat praktek bidan MISRI ANDAYANI untuk menangi tv polytron flat 14", kemudian tv saya coba hidupkan tv nyala tapi cuma garis horisontal kemudian tv protek. Tv langsung saya bongkar dan saya lihat ic vertikal pecah, ic vertikalnya memakai STV9302B,kemudian ic vertikalnya saya replace dan ganti dengan yang baru sebelum penggantian dengan yang baru saya cek tegangan vccnya ternyata normal langsung saya ganti icnya dan saya coba nyalakantv langsung nyala tetapi ada satu permasalahan lagi yaitu gambar pada bagian atas ada garis-garis lebarnya sekitar 3cm an kemudian saya coba untuk mengganti elco 100uf/50v untuk vccnya tv saya coba nyalakan garis tadi hilang tv nyala normal, kemudian saya disuruh ngecek tv yang satunya masalahnya tv kalau dinyalakan ada suara berdesisnya maklum ini lagi musim hujan, langsung tv saya bongkar dan saya bersihkan bagian karet yang menempel pada layar, tv saya coba nyalakan suara berdesisnya langsung hilang kelar sudah pekerjaan ditempat prktek bu bidan ini dan menerima upahnya, saya minum kopi yang disuguhkan sambil merokok ada panggilan lagi kedesa balung anyar kecamatan lekok setelah kopi habis saya berpamitan pada bu bidan dan langsung meluncur kedesa balung anyar tepatnya dirumah bapak KHOLIL, sesampainya disana saya lihat tv P.KHOLIL merk PANASONIC QUINTRIC SILVER yang memakai ic singgle chip yaitu TDA 9381xxxx dengan gejala tv dihidupkan led nyala hijau kemudian sebentar warna merah kembali ke hijau lagi begitu berulang-ulang, langsung tv dibongkar dan coba saya lakukan solder ulang pada bagian ic singgle tersebut kemudian saya coba hidupkan tv dan tv nyala normal dalam keadaan kover masih terbuka kira 10menit dilayar tv muncul menu padahal keaadan tv tidak dipencet alias didiamkan sambil ditonton, kecurigaan saya ada pada microswitchnya untung tas tempat peralatanku yang selalu saya bawa masih ada persediaan sekitar 5 biji kalau di tvnya butuh 6 biji kemudian saya ganti microswitchnya dan saya coba tv dihidupkan, alkhamdulillah permasalahan sudah dapat diatasi, demikian pengalaman ini semoga bermanfa'at bagi yang membaca....

0 komentar:

Posting Komentar